Penyebab dan Cara Mengatasi Karies Gigi dengan Mudah

  • Whatsapp
Karies gigi

Karies gigi adalah salah satu masalah yang seringkali muncul pada gigi terlebih anak-anak. Tanda dari adanya masalah ini adalah tampilann gigi yang kekuningan bahkan menghitam dan menempel di bagian antara gusi dengan gigi. Biasanya, karies ini sering dikaitkan dengan karang gigi yang tentunya bisa membuat penampilan jadi kurang indah. Apalagi, jika dibiarkan masalah ini bisa memicu masalah yang lebih besar pada kerusakan jaringan gigi Anda nantinya.

Penyebab

Pada dasarnya, masalah karies yang terjadi pada gigi disebabkan oleh banyak faktor yang bisa menyebabkan jaringan gigi jadi rusak. Kemudian kerusakan ini bisa menjalar pada bagian pulpa dan terjadilan proses pengubahan mineral karena adanya asam berlebih yang terjadinya sebab bakteri yang banyak muncul di gigi dan mulut. Ketika perubahan mineral ini terjadi, tentu  enamel gigi akan rusak, bahkan gigi pun jadi berlubang dan menyebabkan masalah lainnya.

Meskipun begitu, karies gigi pun bisa disebabkan oleh beberapa hal yang menyebabkan jaringan gigi jadi rusak hingga terbentuklah karies. Apa sajakah itu?

  1. Usia

Salah satu faktor yang jadi penyebab kemunculan karies pada gigi adalah usia. Pasalnya, hal tersebut memiliki peranan yang cukup penting dalam masalah menjaga kesehatan gigi. Biasanya, pada usia anak-anak atau balita lebih rentan terhadap masalah karies. Pasalnya di usia tersebut, anak-anak cenderung masih kurang memerhatikan kebersihan dan kesehatan gigi.

 Di usia remaja hingga peralihan dewasa pun cukup rentan juga, karena adanya perubahan hormonal. Ketika hal tersebut terjadi, biasanya selalu disertai gusi membengkak dan membuat orang-orang malas untuk membersihkan gigi karena rasa sakitnya. Pun ketika sudah masuk pada lansia, di mana makanan mudah masuk ke jaringan gigi, apalagi jika sudah keropos dan berlubah. Sisa-sisa makanan ini menjadi santapan bakteri yang bisa memicu karies gigi.

  1. Gigi yang Rentan

Maksud dari gigi yang rentan ini adalah permukaannya. Setiap orang, tentu mempunyai perbedaan morfologi pada giginya maupun volume air ludah yang dihasilkan. Ketika seseorang mempunyai permukaan gigi yang besar, maka potensi adanya plak atau karies lebih tinggi apalagi jika jarang menggosok gigi. Pun ketika seseorang punya volume air ludah yang sedikit bisa memicu kemunculan plak pada gigi.

  1. Bakteri

Penyebab karies gigi selanjutnya tentunya adalah bakteri. Karena bakteri ini lah yang bisa membuat karies pada gigi terbentuk. Meskipun, tidak semua bakteri yang ada di dalam mulut bisa menyebabkannya. Namun, bakteri Streptococcus dipercaya yang menjadi kunci kehadiran dari masalah ini. Pasalnya, bakteri tersebut tergolong pada bakteri kariogenik yang bisa menimbulkan masalah karena tugasnya adalah mengubah karbohidrat jadi asam sehingga bisa merusak enamel pada gigi. Itulah mengapa, penting sekali membersihkan gigi untuk membunuh bakteri ini.

Cara Mengatasi

Dengan beberapa penyebab yang bisa memicu kemunculan karies pada gigi, tentu Anda harus melakukan pencegahan dari dini. Caranya bisa mulai dengan kebiasaan pembersihan organ mulut dan gigi secara tepat dan teratur. Sementara untuk cara mengatasi masalah karies yang sudah muncul, bisa diatasi dengan beberapa hal berikut:

  1. Lakukan pembersihan langsung ke dokter gigi. Nantinya, gigi Anda akan dicek bagaimana kondisinya. Jika sudah, maka dokter biasanya akan melakukan pembersihan, menambal gigi yang rusak, hingga menambah fluoride pada gigi.
  2. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride karena bisa menjadi suplemen yang baik untuk gigi
  3. Pada dasarnya, karies gigi terjadi karena akar gigi yang rusak. Anda bisa melakukan perbaikan pada saluran akar gigi dengan melakukan pembersihan ke dokter, lalu diberi obat dan bagian pulpa diganti dengan material buatan.

Beberapa informasi tentang karies pada gigi, baik penyebab atau cara mengatasinya adalah perlu diperhatikan. Anda pun bisa mendapatkan informasi lanjutannya melalui aplikasi Halodoc. Lakukan juga konsultasi langsung dengan dokter gigi yang ahli melalui fitur chat atau video call yang sudah disediakan. Selesaikan masalah karies gigi Anda dan dapatkan solusi terbaiknya hanya di Halodoc.

Related posts