Mengenal Virus Corona (Covid-19)

  • Whatsapp
Virus Corona Covid-19

Mengenal virus corona merupakan salah satu kelompok besar virus yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Seperti mulai dari batuk pilek sampai dengan penyakit yang lebih parah lainnya. Untuk sekarang ini, jenis virus corona baru juga sedang menjadi pandemi global yang lagi-lagi menyerang Indonesia. Virus ini juga bernama 2019 novel coronavirus atau bisa disebut 2019-nCoV ataupun juga lebih dikenal dengan nama Covid-19. Jika kamu terinfeksi Covid-19 pertama kali dilaporkan.

Untuk gejala infeksi virus corona juga banyak variasinya, mulai dari flu ringan sampai dengan radang paru-paru ataupun pneumonia. Kamudian untuk keluhan-keluhan lainnya juga dapat muncul Mulai daei 2 sampai 14 hari setelah terjadi paparan virus ini. Untuk keluhannya juga dapat membaik dengan mudah pada sebagian pasien yang mungkin tidak mempunyai penyakit bawaan yang berbahaya misalnya seperti paru-paru, jantung, dan lainnya. Akan tetapi sebagian pasien lainnya juga bisa mengalami pemburukan gejala dengan cepat.

Gejala Virus Corona

1. Gejala yang Umum

Untuk gejala-gejala infeksi covid-19 yang umum yaitu bisa meliputi sebagai berikut:

  1. Mengalami gangguan pada indera penciuman atau bahasa medisnya anosmia dan pada Indra pengecap.
  2. Kemudian akan mengalami peningkatan suhu tubuh atau demam tinggi.
  3. Setelah itu tubuh juga begitu menggigil, batuk kering, sakit tenggorokan, sesak napas, nyeri otot dan juga kelelahan

2. Gejala virus corona yang jarang terjadi

Kemudian ada pula sederet keluhan lainnya yang lebih jarang terjadi pada pasien dan juga akan menandakan infeksi virus corona. Karena ada beberapa di antaranya yaitu meliputi:

  1. Adanya gangguan pada kulit, misalnya bentol yang gatal serta juga terdapat bintil berair seperti cacar air.
  2. Mengalami gejala mual, muntah dan diare

Kemudian ada juga baru-baru ini pun telah muncul berita bahwa ruam dengan warna keunguan pada jari-jari kaki yang dialami oleh beberapa penderita Covid-19 yang sebagai gejalanya. Akan tetapi gejala yang disebut covid toes ini juga belum bisa dipastikan sebagai tanda khusus dari infeksi virus corona ini. Dan untuk kamu juga perlu diingat bahwa tidak semua orang akan mengalami gejala yang sama. Sehingga kamu bisa saja mengalami sesak napas dan juga demam, akan tetapi tanpa keluhan mual atau muntah. Oleh karena itu, ini juga perlu diagnosis medis yang memadai supaya bisa mendeteksi apakah kamu juga benar-benar terinfeksi oleh virus corona ataupun tidak. Kemudian infeksi corona virus juga bisa mengancam nyawa jika sudah menyebabkan komplikasi. Misalnya saja, pneumonia, punya gagal napas, ataupun syok sepsis. Sedangkan kematian lebih rentan juga bisa terjadi pada penderita lanjut usia atau lansia dan orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah. Namun di Wuhan China sendiri pada 31 Desember 2019 ini. Virus ini juga bisa menular antar manusia. Dan sampai saat ini, mereka para peneliti yang ada di dunia terus bekerja sama supaya menggali informasi terkait tentang virus baru ini, untuk bisa melacak penyebaran infeksi, serta memberikan informasi terbaru terkait pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di dunia saat ini.

Jenis-jenis virus Corona

Kemudian ada beberapa jenis virus corona lain yang pernah ada dan menjadi wabah di dunia yaitu:

Severe acute respiratory syndrome atau SARS, dan kemudian ada Middle east respiratory syndrome atau MERS.

Nah itu dia tadi info penyakit dari Corona virus atau Covid-19 yang sangat berbahaya ini.

Related posts