Mengenal Fitting Pipa Dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Whatsapp
Mengenal Fitting Pipa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Proses pemasangan pipa adalah kegiatan yang membutuhkan keahlian dan keilmuan khusus seputar dunia perpipaan. Keahlian yang dibutuhkan diantaranya adalah mengenali jenis pipa yang digunakan dan juga mengenal jenis sambungan pipa. Jenis sambungan atau fitting pipa ternyata juga terdiri dari banyak bentuk yang disesuaikan dengan fungsi dari pemasangan tersebut.

Untuk mengetahui jenis fitting pipa, mari baca ulasan berikut untuk menambah pengetahuan seputar dunia perpipaan.

  1. Sambuangan pipa Y atau T

Penyambungan pipa Y atau T berguna untuk membuat dua jalur aliran air dengan menggunakan satu sumber air. Beda sambungan pipa T dan pipa Y adalah pada bentuknya, dimana pipa T mempunya dua cabang yang sudutnya 90 derajat dari sisi tegaknya. Sedangkan pipa Y mempunyai sudat 45 derajat dari sisi tegaknya.

Namun untuk fungsinya sendiri hampir mirip, pada pipa ini terdapat satu input aliran dan dua output aliaran. Ini akan sangat berguna jika kamu ingin mengalirkan air dari satu sumber untuk dua tempat berbeda.

  1. Elbow

Elbow adalah jenis sambungan pipa yang banyak digunakan untuk mengalirkan air kearah yang berbeda. Sambungan elbow berbentuk seperti siku.

Cara untuk menggunakannya pun cukup sederhana yaitu dengan melekatkan pipa pada sambungan pipa dengan menggunakan lem pipa. Selain itu juga dapat disatukan dengan menggunakan teknik ulir, namun penggunaan lem pipa lebih umum digunakan.

  1. Union

Proses penyambungan pipa dengan menggunakan teknik fitting union dapat dilakukan dengan cara melakukan las atau juga dapat disambungkan dengan menggunkan mur.

Union berfungsi untuk menyambung pipa yang kurang panjang atau menghubungkan jalur antara dua pipa. Jenis sambungan ini sangat banyak digunakan dalam pemasangan pipa.

Nah, tiga jenis fitting pipa tersebut adalah jenis yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain ketiga jenis tersebut, ada beberapa jenis sambungan lain yang dapat digunakan yaitu coupling, caps atau plugs, kompresi, dan juga valve. Namun biasanya sambungan tersebut digunakan untuk kondisi pipa tertentu yang cukup jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Hosting Unlimited Indonesia

Related posts