Lezat dan Menyehatkan, Berikut Jenis Tomat yang Patut Dikonsumsi Setiap Hari

  • Whatsapp
Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin, antioksidan dan banyak kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Buah ini bisa diolah dan dikonsumsi dengan berbagai cara. Di Indonesia, buah ini terdiri dari banyak jenis, namun terdapat beberapa jenis yang sering dikonsumsi. Jenis apa sajakah itu? simak ulasannya berikut ini:

  1. Ceri

Jenis buah yang satu ini memiliki bentuk yang kecil menyerupai buah Ceri.  Tomat jenis ini memiliki rasa yang lezat, serta mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.  Buah berukuran mini ini dapat dikonsumsi langsung, maupun dijadikan sebagai campuran makanan segar, seperti salad buah dan sayur.

Meski memiliki ukuran yang kecil, buah ini memiliki banyak manfaat, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Buah ini dapat menyehatkan jantung dan tulang, mencerahkan kulit, menjaga imunitas tubuh, mencegah sembelit, serta menurunkan tekanan darah.

  1. Beef

Beef Tomato memiliki ukuran yang besar dengan permukaan kulit yang kasar dan berkerut di bagian atasnya. Sama seperti jenis Roma, buah ini memiliki rasa yang manis dan cenderung berair, sehingga sering diolah sebagai sambal, maupun dijadikan sebagai isian Burger dan sandwich.

Beef Tomato sangat kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dengan kandungan antioksidan, Vitamin A dan Vitamin E, buah ini dapat mengurangi resiko kanker dan serangan jantung.

  1. Tomat Hijau

Berbeda dengan jenis yang lainnya, buah ini memiliki tampilan yang menarik dengan hijau yang terlihat cerah. Buah ini dipanen ketika masih belum terlalu matang, sehingga warnanya masih hijau dan kandungan airnya pun tidak terlalu banyak.

Buah ini berukuran sedang dan sering digunakan sebagai bahan campuran untuk aneka tumisan. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun buah ini memiliki banyak khasiat. Green tomato baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata serta mencegah kanker dan diabetes.

  1. Kumato

Sama seperti Green Tomato, Kumato memiliki warna yang berbeda, karena memang dibiarkan khusus agar memiliki tampilan yang berwarna coklat. Buah ini memiliki kulit yang sangat tebal, rasa, tampilan yang cenderung gelap, serta mengandung gula yang cukup tinggi. Kumato biasanya lebih cocok dikonsumsi mentah.

Selain karena tampilannya yang unik, buah yang pertama kali ditanam di amerika ini dikenal mengandung banyak vitamin dan memiliki banyak manfaat. Kumato dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes, hipertensi dan penyakit jantung.

  1. Tomat Roma

Buah yang satu ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan jenis ceri, namun rasanya terasa lebih manis dan berair. Karena rasanya yang manis dan mengandung banyak air, buah ini sering dijadikan sebagai bahan saos. Buah ini dapat meningkatkan imun tubuh, mencegah terjadinya pendarahan, serta dapat menjaga kesehatan mata, kulit dan jantung.

  1. Apel

Buah ini memiliki warna yang cukup cerah, serta memiliki bentuk dan tekstur yang padat menyerupai buah apel. Buah yang juga disebut sebagai Slicing Tomatoes ini sering dijadikan sebagai salad, isian Burger, maupun jus segar. Buah ini memiliki rasa yang cenderung manis. Buah yang bertekstur padat ini dapat dikonsumsi untuk mencerahkan dan melembabkan kulit.

Itulah beberapa jenis tomat yang wajib dikonsumsi setiap hari. Mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur dapat membuat tubuh lebih sehat. Cukupi kebutuhan buah dan sayur Anda bersama keluarga dengan membelinya dari TaniHub, e-commerce produk buah dan sayur berkualitas.

Related posts