Kenali Gejala Terinfeksi Virus Corona dari Hari ke Hari Berikut Ini!

  • Whatsapp
Gejala Terinfeksi Virus Corona

Perkembangan pandemi virus corona dari hari ke hari semakin mengkhawatirkan khususnya di Indonesia. Jumlah kasus yang terus bertambah dibarengi dengan jumlah kematian yang bertambah setiap harinya membuat kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat. Ada yang menanggapinya dengan was-was, ada juga yang sampai panic dan ketakutan. Pada saat pandemi seperti ini, sangat penting untuk memberikan informasi yang tepat dan lengkap kepada masyarakat mengenai musuh mereka yaitu covid19 sehingga mereka bisa mengenali dan sekaligus mengetahui cara menanganinya agar tidak menjadi korban berikutnya.

Covid19 menyerang sistem pernafasan dan sistem pencernaan sehingga gejala yang ditimbulkan juga berhubungan dengan kedua sistem organ tersebut. Batuk kering merupakan satu gejala yang khas bagi penderita covid19 dan bisa timbul di fase-fase awal terjadinya infeksi. Namun selain batuk, masih ada gejala-gejala lainnya yang juga harus Anda ketahui sehingga tidak khawatir berlebihan saat badan juga mengalami batuk kering. Ini dia gejala-gejala yang timbul pada orang positif covid19:

  • Hari pertama hingga ketiga.

Gejala Covid19 dimulai dengan batuk kering yang semakin sering disertai dengan sakit tenggorokan. Namun beberapa pasien tidak merasakan sakit tenggorokan dan mengalami batuk dengan sedikit dahak. Pada hari pertama, pasien masih bisa makan minum dan beraktivitas seperti biasa.

  • Hari ketiga.

Di hari ketiga gejala batuk kering semakin parah dan mulai disertai demam yang tidak stabil. Demam yang menyerang sekitar 37,5 derajat Celcius. Pasien juga bisa mengalami diare, mual dan muntah. Tubuh mengalami kelelahan hingga nyeri di seluruh bagian otot.

  • Hari kelima.

Di hari kelima, batuk kering menjadi semakin sering dan mengganggu. Tenggorokan sakit khususnya saat menelan. Demam semakin tinggi hingga 38 derajat lebih. Di hari kelima pasien mulai merasakan sesak nafas atau rasa sakit saat mengambil nafas.

  • Hari ketujuh.

Pada hari ketujuh pasien positif corona sudah merasa lemas dan sangat kesulitan bernafas khususnya bagi manula. Karena itu mereka membutuhkan pertolongan medis sehingga di masa inilah kebanyakan pasien mulai datang ke rumah sakit.

  • Hari kedelapan.

Di hari kedelapan, pasien yang tidak mengalami perbaikan akan mengalami kondisi yang sebaliknya yaitu menjadi semakin buruk dengan gangguan nafas yang semakin parah. Umumnya pasien juga mengalami penumpukan cairan di paru-paru.

  • Hari kesepuluh.

Pasien mengalami kehilangan nafsu makan dan jika sesak nafas belum mereda, pasien bisa berada di ICU.

  • Hari ketujuh belas.

Jika pasien berhasil melewati hari ke sebelas hingga keempat belas, maka pasien akan mulai merasakan perbaikan secara medis. Di hari ketujuh belas mereka akan bisa bernafas dengan lebih baik, batuk yang menghilang dan nafsu makan yang sudah kembali.

Dari gejala-gejala di atas, Anda tak perlu khawatir jika hanya terjadi batuk sesekali saja. namun untuk memastikan kondisi, tak ada salahnya Anda melakukan konsultasi dengan dokter secara online melalui Halodoc. Dengan berkonsultasi secara online, Anda tetap akan mengurangi resiko penularan dibandingkan langsung menuju ke rumah sakit padahal Anda hanya mengalami gejala batuk saja. Untuk membantu mencegah penularan virus, sebaiknya jangan keluar rumah jika memang tidak sangat diperlukan. Jika harus bepergian, tetap lakukan jaga jarak dengan orang lain dan gunakan selalu masker untuk melindungi mulut dan hidung dari menyerap mikropartikel virus yang bisa menularkan corona jika ada orang positif Covid19 di sekitar Anda. Tetap waspada namun juga jangan panik untuk kebaikan bersama.

Related posts