Ingin Berangkat Haji? Buka Rekening Haji dan Pertimbangkan Keuntungannya!

  • Whatsapp
Buka Rekening Haji

Rekening menjadi salah satu tempat penyimpanan uang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya adalah menunaikan ibadah haji. Umat muslim biasanya akan menabung untuk bisa menunaikan ibadah suci tersebut. Namun, masyarakat masih belum tahu jika ada tabungan khusus untuk ibadah haji.

Tabungan tersebut adalah PermataTabungan iB Haji. Pernahkah Anda mendengarnya? Cara untuk menabung atau membuka rekening bisa dilakukan tanpa mengunjungi kantor cabang. Sebagai gantinya, Anda bisa mengunjungi pelayanan melalui aplikasi PermataMobile X.

Keuntungan Menabung di PermataTabungan iB Haji

Jenis tabungan ini dikhususkan kepada calon jamaah haji yang ingin menunaikan ibadah suci. Saat ini tabungan di sana sudah mencapai 130.000 jamaah dan akan terus meningkat. Lalu apa saja keuntungan yang bisa didapatkan jika membuka rekening di bank tersebut?

  • Setoran Awal yang Ringan

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membuka rekening bank di sini adalah setoran awal yang ringan. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 250.000 saja, sedangkan untuk setoran berikutnya bisa dilakukan dengan Rp 50.000. Tidak hanya itu saja, akad yang digunakan adalah Mudharabah Mutlaqah.

Dengan kata lain, tabungan tersebut akan dianggap sebagai investasi di mana Anda sebagai pemilik dana. Sementara bank sebagai penerima dana secara kebebasan penuh mengelola investasi Anda. Tabungan tersebut akan dimanfaatkan sesuai dengan prinsip Syariah.

Tentunya, hal ini akan sangat menguntungkan Anda sebagai pemilik dana. Keuntungan dari investasi akan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan bersama. Sistem dalam perhitungan bagi hasil akan menggunakan single tiering, memberikan imbal hasil yang menguntungkan.

Sebagai contoh, jika dana Anda di bulan Oktober Rp 100.000.000, maka perbandingan bagi hasil atau Nisbah adalah 10:90. Jika nilai investasi di bulan itu adalah Rp 7,71, maka bagi hasilnya adalah

Rp 100.000.000 × Rp 7,71 × 10% : 1000 = Rp 77.100.

Nilai tersebut belum termasuk dipotong biaya pajak dan zakat.

  • Kemudahan dalam Membuka Rekening

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah kemudahan dalam mendapatkan buku tabungan. Seorang nasabah akan dimudahkan melalui saluran akuisisi di bank. Caranya adalah mengunjungi cabang PermataBank atau PermataBank Syariah di daerah terdekat.

Namun, sejak September 2019, PermataBank Syariah meluncurkan aplikasi  PermataMobile X. Jadi, Anda bisa membuka akun untuk haji secara online tanpa perlu mengunjungi kantor cabang.

  • Tabungan di Rekening Tidak Dapat Digunakan untuk Transaksional

Salah satu keuntungan jika membuka tabungan di bank tersebut adalah uang Anda tidak akan tersentuh. Maksudnya, uang Anda tidak akan bercampur dengan kebutuhan lain seperti transaksional. Alhasil, tujuan Anda untuk menunaikan ibadah haji akan segera tercapai tanpa khawatir tidak mempunyai uang.

Sementara jika nasabah melakukan penarikan dana dari bank Permata, maka tabungan berupa investasi tersebut akan dianggap sebagai penutupan rekening. Dengan catatan, hal tersebut terjadi apabila Anda menarik dana sebelum berangkat Haji. Apabila dana ditarik sebelum berangkat Haji, maka biaya penutupan rekening adalah Rp 50.000.

Sementara jika Anda menarik dana setelah nasabah kembali sesudah menunaikan ibadah haji, tidak akan dikenakan biaya penutupan rekening. Tabungan haji terhubung dengan sistem komputer haji milik pemerintah yaitu SISKOHAT, dan hal inilah yang menjadi pembeda antara tabungan biasa dan tabungan haji. Karena tabungan biasa tidak terkoneksi.

  • Bebas Biaya Administrasi

Salah satu hal yang membuat nasabah merasa malas menabung lantaran biaya administrasinya yang banyak dan tinggi. Namun, di PermataBank, Anda tidak perlu khawatir akan biaya administrasi tersebut. Hal ini dikarenakan tidak adanya biaya yang dikenakan pada nasabah. Dengan kata lain bebas biaya tanpa syarat.

  • Produk Lainnya yang Menarik

Jika Anda menabung di Bank Permata, ada beberapa produk lainnya yang bisa Anda rasakan dan coba. Pertama, Layanan Haji Reguler dan kedua, Layanan Haji Khusus. Tentunya masing-masing produk mempunyai fasilitasnya tersendiri.

Dilihat dari antrian haji, di Jakarta antrean sudah dilakukan selama 23 tahun. Sementara ada provinsi lain yang mencapai lebih dari 30 tahun. Jika dibandingkan di seluruh Indonesia, antrian haji lebih dari 20 tahun.

Cara Membuat Rekening Melalui Aplikasi PermataMobile X

Sebelum membuka rekening, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi sama seperti di bank lainnya, yakni:

  • Seorang calon nasabah harus minimal berusia 17 belas tahun
  • Seorang calon nasabah harus melampirkan KTP yang masih aktif dan berlaku
  • Seorang calon nasabah harus melampirkan kartu identitas diri yang masih aktif dan berlaku
  • Seorang calon nasabah harus menandatangani formulir pembukaan rekening serta akad.

Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk bisa membuka buku tabungan di bank tersebut, antara lain:

  • Mengunduh dan menginstal aplikasi PermataMobile X
  • Buka aplikasi dan pilih menu PermataTabungan iB Haji
  • Pilih tujuan pembukaan rekening di sana
  • Setelah itu, lakukan konfirmasi syarat beserta ketentuan yang akan disampaikan di layar smartphone
  • Tunggu proses pembukaan rekening sampai selesai

Itulah 5 keuntungan yang bisa Anda rasakan jika menggunakan PermataBank sebagai tempat membuka rekening. Jadi, bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah haji, cobalah membuka tabungan di sini dan rasakan beberapa manfaatnya.

Related posts