Cara Merawat Denim Supaya Tidak Pudar dan Tahan Lama

  • Whatsapp
Cara Merawat Denim

Bisa dipastikan setidaknya kita memiliki satu pakaian yang berbahan denim, entah itu celana, baju, jaket, bahkan mungkin rok.  Bahan denim sendiri merupakan salah satu bahan favorit yang selalu bisa diandalkan untuk membuat tampilan pemakainya makin stylish dan juga trendy.  Apalagi bahan dneim bisa di mix and matcj atau dipadukan dengan berbagai jenis bahan lainnya sehingga pakaian jenis ini sangat awet dan tidak lekang oleh waktu.

Meski bukan asli Indonesia, namun produksi produk denim oelh pengrajin lokal juga memiliki kualitas yang premium, salah satunya dibuat di jasa konveksi bandung. Tetapi dibalik keunggulan tersebut ternyata pakaian denim memiliki kekurangan yaitu lebih rentan rusak dan tidak tahan lama terutama dalam segi warna.  Untuk menyiasatinya anda bisa menerapkan tips serta cara merawat pakaian denim supaya tidak pudar warnanya serta tahan lama berikut ini :

  • Jangan terlalu sering dicuci : untuk mempertahankan warna denim agar selalu tampak baru salah satunya dengan cara jangan sering dicuci. Jika memang denim tersebut sudah terlalu sering dipakai atau ada noda yang mengharuskan anda untuk mencucinya, rendam denim tersebut dalam air yang sudah di beri dengan garam selama kurang lebih 1 jam. Kemudian  silahkan cuci pakaian tersebut terpisah dari pakaian lainnya.
  • Gunakan air dingin : jangan menggunakan air panas ketika merendam denim. Piih air dingin karena mampu mengangkat kotoran yang menepel hingga ke serat kain.  Sebaiknya ketika mencuci denim, balik pakaian hingga bagian dalam menghadap keluar untuk menghindari warna denim pudar akibat perendaman atau penambahan detergen.
  • Mencuci menggunakan tangan : sebaiknya tidak mencuci denim menggunakan mesin cuci untu menjaga warna serta serat kain dari bahan denim itu sendiri. Anda bisa menggunakan jenis detergen yang lembut. Untuk perendaman juga jangan terlalu lama agar warna denim tidak pudar sehingga lebih awet.
  • Keringkan secara alami : untuk membuat denim seperti baru selalu, anda bisa memilih untuk mengeringkannya secara alami yaitu dengan sinar matari. Namun tetap jangan menjemur di bawah sinar matahari langsung agar warnanya tidak pudar.   Denim yang baru saja dicuci biasanya akan lebih kaku, namun setelah beberapa hari, teksturnya akan kembali lembut.
  • Jangan gunakan pemutih : penggunaan bleaching atau pemutih pakaian tidak hanya bisa merusak warna denim tetapi juga serat kain. Meskipun ada noda di pakaian denim anda, jangan gunakan pemutih sebagai alternatifnya gunakan sabun batang untuk menghilangkan noda membandel tersebut.

Itulah bebarapa tips serta cara yang bisa anda gunakan untuk merawat denim agar tidak mudah pudar serta lebih tahan lama. Dengan menjaga kualitas denim yang anda miliki, tentu saja anda bisa menggunakan pakaian denim lebih lama lagi.

Related posts