Cara Berlatih Gerakan Dasar Bola Basket yang Menyenangkan

  • Whatsapp
Gerakan Dasar Bola Basket

Untuk memenangkan pertandingan bola basket maka pemain haruslah menguasai beberapa gerakan dasar. Mulai dari melempar hingga membloking lawan sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan. Namun, untuk menuju kepada kemampuan yang optimal Anda harus berlatih secara teratur dan konsisten supaya permainan bola basket Anda semakin menyenangkan. Nah di artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara berlatih dengan beberapa gerakan.

Cara Berlatih antara Kombinasi Keterampilan Gerak dengan Menangkap atau Passing

Untuk melakukan gerakan ini maka ada beberapa cara yang harus dilakukan yang pertama adalah berdiri berhadapan dengan jarak kurang lebih 5 meter. Kemudian lemparlah dan tangkap bola basket dengan posisi maju, mundur atau menyamping. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang dan sebaiknya bersama dengan cara berpasangan atau berkelompok. Tujuannya adalah untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, sportivitas, keberanian dan kompetitif.

Cara Berlatih Menangkap dan Passing Bola Basket

Intuk melakukan gerakan ini maka posisi badan harus berdiri berhadapan dengan jarak kurang lebih 5 meter. Lakukan lemparan bergerak berpindah tempat yang mana Anda bisa lakukan baik dengan secara berkelompok atau berpasangan sehingga nilai-nilai kerjasama semakin erat dilakukan. Dan jangan lupa agar hasilnya lebih maksimal maka lakukanlah secara berulang-ulang

Latihan Passing dan Menangkap Bola Basket Pada Formasi Lingkaran

Untuk melakukan gerakan ini maka posisi badan harus berdiri berhadapan dengan jarak kurang lebih 5 meter. Lakukan lemparan dengan bergerak berpindah tempat dari tengah lingkaran pindah ke garis lingkaran atau dari garis lingkaran pindah ke tengah lingkaran. Jangan lupa untuk melakukannya secara berulang-ulang dengan pasangan atau berkelompok.

Bermain dengan Setengah Lapangan

Salah satu keunikan dari permainan bola basket ini adalah Anda bisa memainkan permainan ini dengan cara setengah lapangan. Untuk melakukannya ada berbagai cara yang bisa Anda terapkan seperti

Cara 1

 Adapun pelaksanaannya adalah bidang A lapangan untuk tim A dan bidang B lapangan untuk tim B dengan cara bermain membentuk dua kelompok dimana tim a ditempatkan pemainnya di lapangan B sebanyak 2 orang pemain. Begitu juga sebaliknya dengan tim B menempatkan dua pemain di lapangan A. Para pemain boleh menggiring atau melempar dan menembak bola di mana pemain yang berada pada lapangan A dan B tidak boleh melewati garis tengah. Jadi yang berhak untuk melakukan serangan pada lapangan lawan hanya dua orang pemain saja.

Tim pemenang adalah tim yang memperoleh poin cukup banyak dengan memasukkan bola ke ring basket. Satu hal yang perlu diketahui bahwa lama permainan sekitar 5 atau 10 menit dimana tujuan permainan bola basket adalah hanya untuk meningkatkan sportivitas dan kompetitif.

Cara kedua

Untuk melakukan cara ini maka Anda membentuk dua regu di mana jumlah pemain adalah 2 lawan 3 atau bisa 4 lawan 3, atau 5 lawan 4. Setiap pemain harus berusaha untuk memasukkan bola ke ring basket lawan dengan menggunakan beberapa gerakan dasar. Semakin banyak poin yang didapat maka tim tersebut menjadi pemenang.

Kedua cara tersebut bisa dilakukan dengan tujuan agar permainan semakin menyenangkan. Ditambah lagi, meningkatkan rasa kerjasama antar tim untuk saling mendukung dan mempertajam kerja sama antar pemain. Adapun waktu yang diberikan juga tidak terlalu lama dibandingkan permainan bola basket pada umumnya, maka tidak ada salahnya juga jika tujuan permainan bola basket adalah untuk memberikan manfaat yang cukup banyak. Selamat berlatih!

Related posts