Bagaimana Perkembangan Sejarah Internet Of Things? Berikut Penjelasannya!

  • Whatsapp
Internet Of Things

Untuk saat ini hampir semua kegiatan manusia membutuhkan yang namanya internet. Dan dari sinilah kemudian bisa disebut bahwa karena perkembangan zaman yang juga semakin modern dan maju, menjadikan masyarakat Indonesia menjadi lebih melek teknologi. Semua sudah mahir dalam menggunakan internet untuk kehidupan mereka sehari-hari. Jika kita berbicara tentang internet, apakah Anda sudah tahu dengan apa itu internet of things? Dan bagaimana perkembangan dan pengertian internet of things itu sendiri?

Internet of Things Secara Umum

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lebih mendalam dan lebih gamblang tentang apa itu internet of things? Jadi untuk Anda yang penasaran dan ingin tahu apa itu internet of things bisa simak baik-baik penjelasan berikut. Internet of things itu untuk akhir-akhir ini memang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat luas. Meskipun mereka terkadang juga tidak paham dengan jelas apa maksudnya. Untuk itu, internet of things ini bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk benda yang ada di sekitar kita dan berada dimana-mana. Dengan begitu nantinya kita sebagai manusia bisa berkomunikasi dengan mudah antara satu dengan yang lain dengan menggunakan internet.

Sejarah Munculnya Internet of Things

Untuk sejarah awalnya sendiri, jadi internet of things ini dikeluarkan pertama kali pada 1999 oleh Kevin Ashton. Berangkat dari sini kemudian banyak pakar yang berani menjamin bahwa internet of things atau dikenal dengan nama besar IoT ini nantinya akan tumbuh menjadi sesuatu yang sangat besar atau The Nex Big Thing yang akan muncul dan berkembang pada dunia teknologi dan informasi. Hal ini tentunya juga bukan tanpa suatu alasan. Justru pastinya ada alasan yang sangat pasti dan sangat jelas kenapa IoT bisa berkembang menjadi sesuatu yang sangat besar dan mendunia. Alasannya adalah karena IoT menawarkan banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan kembali dengan sangat baik.

Internet of Things Dapat Berkomunikasi Machine to Machine

Jika kita perhatikan dari artinya internet of things merupakan bentuk internet yang terbuat dari peralatan-peralatan atau bisa juga perangkat-perangkat. Jadi ini adalah salah satu bentuk koneksi pintar yang menggunakan mesin dan menggunakan koneksi internet. Tidak hanya itu saja, bentuk koneksi pintar ini bisa juga dikenal dengan istilah Machine – to – Machine (M2M). dan disisi lain manusia bertindak sebagai pengelola dan pengguna dari M2M tersebut. Sebagai contohnya adalah smartphone yang bisa digunakan karena terkoneksi dengan internet. Dan juga contoh yang lain adalah mesin atau peralatan usaha yang juga bisa digunakan dengan maksimal karena terkoneksi dengan internet.

Teknologi IoT Memiliki Jaringan dan Lingkus yang Sangat Luas

Jadi di tengah pandemi seperti saat ini, adanya IoT ini dipercaya bisa memberikan harapan yang lebih cerah kepada para pemilik usaha. Meskipun pada dasarnya memang IoT ini sistem bekerjanya tidak hanya sebatas pada dunia usaha saja. Namun memiliki jaringan dan lingkup yang sangat luas. Yakni contohnya adalah bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti contohnya adalah untuk home voice, bell pintu, monitor polusi sebuah ruangan dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui perkembangan dan sejarah internet of things dari beberapa penjelasan singkat di atas, sampai sini apakah Anda sudah paham dengan apa itu IoT dan apa saja manfaatnya bagi manusia? Adanya IoT ini memang akan lebih memudahkan setiap urusan manusia. Karena proses kerjanya yang sangat cepat berbeda dengan manusia. Dan yang lebih menakjubkan adalah bahwa IoT ini tidak hanya sekadar sebagai alat saja, tetapi bisa juga disebut sebagai solusi untuk teknologi yang akan memberikan segi terbaru pada bidang usaha yakni dengan visibilitas.

Related posts